Presiden Termiskin di Dunia


JOSE MUJICA, Presiden termiskin di Dunia 

Hasil gambar untuk jose mujica

Jose Mujica lahir di Montevideo, Uruguay, pada 20 Mei 1935. Jose Mujica lahir dari pasangan Demetrio Mujica dan Lucy Cordano. Beliau memiliki nama lengkap Jose Alberto "Pepe" Mujica Cordano. Jose Mujica memiliki istri yang bernama Lucia Topolansky. Ia dikenal sebagai Presiden Uruguay periode 2010-2015. Selain itu, Jose Mujica kerap kali disebut sebagai presiden termiskin di dunia lantaran hidupnya yang sederhana. 

Kehidupan Jose Mujica bergabung dengan Tupamaros pada tahun 1966. Tumpamaros merupakan kelompok revolusioner di Uruguay. Tiga tahun kemudian, ia memimpin sebuah tim di organisasi tersebut untuk merebut kembali Kota Pando. Jose Mujica sempat ditembak polisi enam kali pada tahun 1970. Kejadian tersebut membuat dirinya harus dilarikan ke rumah sakit. Sebenarnya, Jose Mujica diperkirakan meinggal akibat insiden penembakan itu. Akan tetapi ia berhasil pulih beberapa waktu kemudian. pada tahun 1971, Jose Mujica ditangkap karena keterlibatannya dalam gerakan revolusioner. Akan tetapi dirinya berhasil melarikan diri dari penjara. Meski ia segera dapat di tangkap lagi, Jose Mujica kembai berhasil melarikan diri di tahun berikutnya. Tercatat Jose Mujica menghabiskan waktu 13 tahun di dalam penjara. Ia juga pernah menghabiskan beberapa waktu di sel isolasi. 

Pada tahun 1985, ribuan tahanan dibebaskan dengan amnesti. Dan Jose Mujica menjadi satu di antaranya. Beberapa waktu kemudian, tepatnya pada 1989, Jose Mujica mendirikan Partai politik Movement of Pupuler Participation (MPP). Pada tahun 1994, ia sukses terpilih sebagai Deputy. Ia menjadi satu dari dua anggota MPP yang memenangkan pemilihan tersebut. Lima tahun kemudian, Jose Mujica berhasil terpilih menjadi seorang senator. Pada tahun 2004, Partai MPP yang didirikan Jose Mujica menjadi partai yang paling kuat di Uruguay. Hal itu membuat dirinya kembali terpilih menjadi senator untuk kedua kalinya. Pada tahun 2008, terbentuk koalisi Broad Front yang terdiri atas beberapa partai politik. Koalisi tersebut sepakat menunjuk Jose Mujica sebagai calon presiden. Pada tahun 2009, Mujica terpilih sebagai Presiden Jose Mujica setelah melewati pemilihan putaran kedua.

Disebut Presiden Termiskin di Dunia
Rumah Mujica hanya dijaga 2 orang polisi serta beberapa anjing milik Mujica, salah satunya Manuela yang berkaki tiga. Jangan bayangkan pula ada kepala pelayan atau kepala rumah tangga yang bisa melayani dan memasak apa saja seperti layaknya rumah kepala negara. Mujica dan istrinya bekerja sendiri memenuhi kebutuhan mereka. Termasuk menggarap tanah pertanian mereka dengan bercocok tanam bunga krisan untuk dijual. Maklum, profesi asli Mujica adalah petani. Pada tahun 2010, saat menjadi presiden, Mujica wajib melaporkan harta kekayaannya, semacam Laporan Hasil Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) di Indonesia. Ternyata, diketahui kekayaannya berjumlah US$ 1.800 atau Rp 17,4 juta, itu pun 'hanya' nilai dari mobil VW Kodok lawas tahun 1987 miliknya. Tahun 2012, Mujica menambahkan aset-aset milik istrinya, Lucia Topolansky, yang juga mantan gerilyawati yang sekarang menjadi Senator. Penambahan aset itu berupa tanah, traktor dan rumah hingga kekayaannya menjadi US$ 215 ribu atau Rp 208 juta. Kekayaan ini hanya dua per tiga dari kekayaan wakilnya Danilo Astori dan sepertiga kekayaan presiden sebelumnya Tabare Vasquez.Setelah berhenti menjadi Presiden Uruguay, Jose Mujica terpilih sebagai senator.








Hasil gambar untuk jose mujica


Namun, pada 16 Agustus lalu, Jose Majica memutuskan mengundurkan diri. Padahal, dia seharusnya menjabatnya sampai 2022. Saat mengundurkan diri dari senator, Jose Mujica pun menolak menerima uang pensiun. Gaya hidup Jose Mujica itu memang jauh dari kemewahan. Namun, ia justru menikmati cara hidup seperti itu. "Hampir seluruh hidup saya habiskan dengan cara seperti ini." "Saya bisa hidup baik dengan apa yang saya miliki saat ini," kata Jose Mujica. Ia mengatakan, tak perlu kerja keras seumur hidup bagai budak untuk mempertahankan harta benda. Namun, gaya hidup sederhana yang tak memiliki banyak kemewahan, justru bisa membuat dirinya punya banyak waktu untuk sendiri. Ia sengaja menjalani pilihan hidup seperti itu, meski kerap disebut eksentrik atau aneh.

Penghargaan yang didapatkan 
·         2010 Grand Collar of the National Order of Merit, Paraguay
·         2011 Grand Collar of the Order of the Sun, Peru
·         2014 Order of the Aztec Eagle, Meksiko
·         2014 National Order of San Lorenzo, Ekuador

pelajaran yang bisa saya dapatkan:
walaupun menjadi orang nomor satu di negaranya dan menjadi orang yang terpandang bukan berarti harus menjalani hidup yang mewah dan serba berlebihan. menjadi sukses bukan hanya memiliki banyak uang dan materi yang berlimpah namun bisa berbagi kepada orang lain. karna itu adalah sukses yang sesunggunya menurut saya 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bussines Model Canvas